Home Tekno Malaysia Kebagian iPhone 16 Pertama, Indonesia Ketinggalan Lagi
Tekno

Malaysia Kebagian iPhone 16 Pertama, Indonesia Ketinggalan Lagi

Malaysia Kebagian iPhone 16 – Meski CEO Apple Tim Cook sempat mengunjungi Indonesia pada April lalu, hal ini tidak serta-merta menjadikan Indonesia sebagai negara prioritas untuk peluncuran iPhone 16. Sebaliknya, […]

Malaysia Kebagian iPhone 16 – Meski CEO Apple Tim Cook sempat mengunjungi Indonesia pada April lalu, hal ini tidak serta-merta menjadikan Indonesia sebagai negara prioritas untuk peluncuran iPhone 16. Sebaliknya, Malaysia justru menjadi salah satu negara yang masuk daftar prioritas, bersama dengan 57 negara dan wilayah lain seperti Australia, Kanada, China, Korea Selatan, Turki, Uni Emirat Arab, Inggris, AS, Singapura, dan Thailand.

Di Malaysia, konsumen sudah bisa melakukan pre-order iPhone 16 series mulai Jumat, 13 September 2024, bersamaan dengan 57 negara lainnya. Penjualan perdana iPhone 16 series di 58 wilayah tersebut akan dimulai pada 20 September 2024. Di Malaysia, iPhone 16 series dijual dengan harga mulai dari 3.999 ringgit atau sekitar Rp 14,1 juta.

Sementara itu, negara lain, termasuk Indonesia, harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan iPhone 16. Berdasarkan pengalaman peluncuran iPhone 15 series tahun lalu, jeda waktu antara peluncuran global dan ketersediaan di Indonesia biasanya berkisar sekitar satu bulan. Kemungkinan, pola yang sama akan terjadi untuk iPhone 16.

Malaysia Masuk Daftar Negara Prioritas iPhone 16, Berkat Apple Store Pertama

Untuk pertama kalinya, Malaysia mendapatkan jadwal pre-order dan penjualan perdana iPhone yang serentak dengan negara-negara prioritas lainnya seperti AS, Inggris, Korea Selatan, dan Singapura. Pada tahun-tahun sebelumnya, Malaysia biasanya mendapat jadwal pre-order dan penjualan yang lebih lambat, dengan perbedaan sekitar 1-2 minggu dari pasar global prioritas.

Kemungkinan besar, Malaysia mendapatkan iPhone 16 lebih cepat kali ini karena negara tersebut telah resmi membuka Apple Store fisik pertamanya. Apple Store perdana di Malaysia ini terletak di dalam pusat perbelanjaan The Exchange TRX, tepatnya di L1.40 The Exchange TRX, Persiaran TRX, Tun Razak Exchange, 55188 Kuala Lumpur. Lokasi ini berada di jantung distrik keuangan internasional Kuala Lumpur, yang semakin memperkuat kehadiran Apple di pasar Malaysia.

Ketiadaan Apple Store Fisik, Indonesia Masih Bukan Prioritas Peluncuran iPhone 16

Sebelum memiliki Apple Store fisik, layanan pemesanan dan penjualan iPhone di Malaysia dilakukan secara daring melalui situs resmi Apple Store Malaysia (apple.com/my). Lalu, bagaimana dengan Indonesia, yang lagi-lagi tidak menjadi prioritas bagi Apple?

Saat ini, Apple sudah memiliki situs resmi Apple Indonesia (apple.com/id), namun situs ini hanya berfungsi untuk memajang produk dan spesifikasi teknis. Berbeda dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand, Apple Indonesia tidak menyediakan layanan pemesanan atau pembelian langsung. Di Indonesia, konsumen hanya bisa membeli iPhone melalui distributor resmi.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi kapan, atau apakah, Indonesia akan memiliki Apple Store fisik seperti di negara-negara tetangga. Keberadaan Apple Store di Indonesia sangat dinanti oleh para pengguna, karena akan memberikan akses lebih mudah untuk pembelian, dukungan teknis, serta layanan resmi lainnya.

 

Baca juga artikel kesehatan lainnya.

Previously

iPhone yang Tak Dapat Update iOS 18: Ponselmu Termasuk

Next

Tips Aman Parkir Mobil Matik di Tanjakan, Simak Caranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tuskthemovie.com - Portal Berita Terbaru dan Terkini Hari Ini